BALURAN: LITTLE AFRICA

 





Haloha, man teman hehe. Lama tak jumpa yak.. 

Gimana #StayAtHome nya? Udah mulai bosan atau malah udah terbiasa nih? Kalo aku sih udah terbiasa aja kayaknya.

Sekarang memang sudah di gembor-gemborkan new normal ya? Tapi masih sangat bahaya untuk berpergian, apalagi kalo mau berpergian jauh-jauh untuk rekreasi. Jadi mending kalo lagi suntuk pengen lan-jalan sih kita rekreasi virtual aja bareng aku hehe..

Kali ini aku akan ajak kalian semua jalan-jalan ke Situbondo. Ada yang udah pernah ke Situbondo belum? Aku main-main ke Situbondo juga baru-baru kemarin ini sih soalnya deket sama Bondowoso.

Nah, salah satu tempat jalan-jalan yang terkenal banget di Situbondo adalah Taman Nasional Baluran. Banyak dari kita yang tau kalo Baluran itu ada di Banyuwangi, padahal Baluran itu ada di Situbondo. Terletak di Jalan Raya Situbondo-Banyuwangi, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. 

Rute menuju kesini bisa ditempuh dengan berbagai cara, kalo pake kendaraan darat dari Surabaya bisa melewati jalan Probolinggo-Besuki, kalo dari Jember bisa lewat Bondowoso-Arak-Arak, dan kalo dari Banyuwangi bisa melewati jalan Raya Pantura. Kalo kalian males mikir ya cek aja di gugle map deh. Insyaallah nggak nyasar karena pintu masuk TN Baluran ada di tepi jalan besar.

Oiyaaaa, waktu itu aku berangkat dari Bondowoso pagi dan butuh waktu sekitar 3 jam untuk sampe di Baluran. Kondisi jalannya sih ga terlalu rame dan sepanjang jalan melewati hutan-hutan, jadi bikin hati senang. 

Begitu tiba di lokasi kita akan langsung disambut gerbang besar dengan tulisan Taman Nasional Baluran. Udah gitu lurus aja sampe nemu tempat tiket. Harga tiket untuk weekdays 15k dan weekend 17,5k. Udah selese bayar tiket kita boleh langsung masuk aja. 




Luas Taman Nasional Baluran adalah 25.000 hektar, dan di dalamnya dibagi menjadi beberapa ekosistem. Keragaman floranya juga beragam ya, katanya sih ada sekitar 444 jenis flora yang bisa kita temui sesuai dengan ekosistem yang ditempatinya buat hidup. Kalo jenis faunanya ada 27 spesies mamalia dan 14 diantaranya merupakan mamalia yang langka. Sedangkan kelompok burung diketahui ada sekitar 155 jenis. Jadi jangan heran ya kalo mulai masuk kawasannya sih kita langsung disambut sama hewan-hewan yang berlalu lalang. 

Dulu pas waktu aku kesana, kondisi jalan di dalam Taman Nasionalnya sih jelek banget. Banyak lubang dan geronjalan, sampe encok deh yakin lewat jalan bergelombang berkilo-kilo. Kalo musim hujan munculah kubangan. Kalo musim kemarau debunya terbang kemana-mana, apalagi kalo naik motor jangan lupa pake masker yaaa. Tapi kata temenku yang baru-baru ini ke baluran lagi sih, dia bilang kalo jalannya udah bagus. Jadi kalian bisa masukin TN Baluran ke list liburan yang wajib dikujungi nanti. Tapi kalo kondisi virus corona sudah mengalami penurunan dan jangan lupa selalu jaga diri ya. 

 kondisi jalan sudah mulus
Pict by Haris
 
Begitu selese bayar tiket di loket, kita langsung masuk aja. Begitu masuk nanti kita akan melewati beberapa kawasan di dalamya:

1.      1. Hutan Musim
Kawasan yang pertama kali menyambut kita adalah kawasan hutan musim. Kenapa disebut hutan musim? Karena kondisi hutannya berubah-ubah sesuai dengan musimnya. Kalo lagi musim hujan ya hutannya ijo seger-seger. Kalo lagi kemarau berubah jadi kering, gersang, dan banyak daun rontok. Kita ngelewatin hutan musim ini sejauh 5km an.

2.      2. Hutan Evergreen
Nah, berbeda dengan hutan musim yang berubah-ubah. Hutan evergreen ini selalu hijau, segar, dan adem. Tanah di hutan ini cukup subur karena terdapat aliran sungai yang berfungsi sebagai cadangan air untuk tanaman disana. 


 Evergreen yang selalu hijau
Pict By Haris

Kita akan melewati kawasan ini sejauh 3km-an. Jalannya juga rusak dan bergelombang waktu dulu saya kesan tahun 2018 an. Pinggang encok, berdebu, dan di beberapa tempat juga ada kubangan. Tapi jalanannya adem karena banyak pohon hijau rindang. Tapi sekarang jalanannya bagus dan mulus, gaperlu khawatir encok kayak aku haha. Waktu itu aku sempet ketemu beberapa kelompok kupu-kupu warna kuning gitu terbang-terbang. Cantik banget. Waktu itu juga sempet ketemu sama ayam hutan yang larinya keceng banget. Ada monyet juga loncat-loncat di pohon.

3. Savana Bekol


Setelah melewati hutan hijau abadi, kita selanjutnya akan memasuki kawasan savana bekol. Savana bekol inilah yang biasa disebut sebagai Little Afrika. Kawasan ini memiliki luas sekitar 1.000 hektar. Luas banget sih ya. Begitu masuk kita akan langsung disuguhi pemandangan savana yang luas dengan warna coklat gersang tapi cantik banget. Kebetulan aku kesana pas pergantian ke musim kemarau jadi pas lumayan cakep sih ya.


Karakteristik savana bekol ini mirip dengan hutan musim, akan berubah-ubah sesuai dengan musimnya. Saat musim hujan rumput dan daunnya berwarna hijau. Kalo lagi musim kering ya gersang dan warna rumput dan pohonnya kecoklatan. Aku rekomendasiin kalo dateng kesini pas musim kemarau aja ya, soalnya cakep banget kalo buat foto.


Nah, di Savana Bekol ini adalah tempat yang paling cocok dan tepat untuk foto-foto. Ada beberapa pohon yang biasanya dibuat foto dan jadi icon di Baluran ini. Ada juga beberapa spot foto dengan tulisan Savana Bekol dan tengkorak Banteng yang dijajar di tiang kayu berlatar dengan Gunung Baluran yang bagus banget.




Ada beberapa spot yang jadi kubangan banteng liar juga. Waktu itu aku lagi beruntung banget soalnya sempet ketemu kawanan banteng lagi berkubang. Beberapa kali pula liat rusa lari-larian bareng temen-temennya. Seneng ya jadi hewan lari-larian aja haha. Kayaknya waktu itu juga ketemu hewan lain di Savana Bekol tapi lupa. 


4. Pantai Bama 


      teruskita lanjutin perjalanan ke Pantai Bama. Sepanjang perjalanan ke Pantai Bama ya so pasti lah waktu itu jalannya geronjalan sampe mual haha. Tapi sekarang udah bagus sih kabarnya. Jangan kawatir kwkwkw..




Nah, di sepanjang jalan ini kita bakalan beberapa kali ketemu hewan-hewan, entah rusa, banteng, burung-burung, ayam hutan, dll. Jadi waspada aja, takutnya pas berenti tiba-tiba di seruduk banteng kan gak lucu, malu iyaaa. Sepanjang kanan dan kiri jalan kita akan temui vegetasi pepohonan yang pohonnya unik gitu menurutku. Kayak palm tapi tinggi banget.




Pantai Bama ini cantik banget, pasir putihya berkilauan, airnya bersih dan berwarna biru. Begitu masuk ke parkiran harap waspada yaa, banyak monyet berkeliaran. Di parkiran, di ayunan, di pendopo, bahkan mereka juga goleran di bawah pohon sambil ngadem haha. Tapi jangan khawatir ada petugas yang jaga kok, jadi tetep waspada tapi jangan sampe panik. Dan jangan sampe ngasih makanan ke mereka, nanti mereka ngintil terus haha.


Di kawasan Pantai Bama ini fasilitasnya lengkap, ada area bermain ayunan, tempat duduk, pendopo, dan bale-bale. Puas-puasin ajalah foto-foto. Ada juga hutan magrove tapi waktu itu aku nggak masuk soalnya capek. Mau nya foto dipantai ampe puas trus leyeh-leyeh di bawah pohon aja.



Nanti kalo kondisi sudah mulai membaik boleh banget masukin TN Baluran ke list liburan kalian. Trus datengnya pas musim kemarau yaaa, karena di savana bekol warnanya lagi cakep. Kuning-kuning keemasan gitu. Lagian kalo jalan-jalan pas kemarau kan enak, geperlu rempong mikir keujanan. Selamat ber New Normal man-teman. Jaga kesehatan ya. We can do it.

Oiya aku ke Baluran bareng Haris. Dia baik banget mau nemenin main jauh-jauh ke Baluran. Haris ini orang Bonodowoso asli. Kalo ada yang berminat main keliling Bondowoso atau main ke Baluran bisa minta tolong ke Haris buat temenin. See you Soon Haris dan istrinya. 


You Might Also Like

2 Comments

  1. Yokkk kapan ngetrip dadakan lagi?? Udah gatel nih pengen jalan2 hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kondisi udah baik, aku lgsg cus bondowoso lah jelas hahah

      Delete

Teman Jalan