SORE HARI DI GLADAK BALE KELING

Musim hujan kayak gini serba susah kalo mau jalan-jalan, soalnya kalo siang dikit udah hujan. Bahkan kalo sore dan malam pun hujan. Jadinya kalo pas sore-sore ga hujan pas banget untuk keluar rumah. Sore itu gak hujan akhirnya kuputuskan untuk keliling kota aja menikmati suasana dan cari jajan dong tentunya (jajan is life). 

Kepikiran pasti seru kalo jalan ke pesisir pantainya, yaudah iseng aja ke perkampungan nelayan di daerah Kroman dan Lumpur, Kota Gresik. Di daerah Kroman dan Lumpur ini kita bisa menjumpai beberapa bale yang biasanya digunakan untuk nelayan saat istirahat leyeh-leyeh gitu deh kelihatannya. Sedangkan pada bulan mei, bale-bale yang ada biasanya dipakai untuk memperingati Haul Mbah Sindujoyo dan biasanya ada acara pembacaan macapat Serat Sindujoyo yang terkenal itu. 

 


Nah, di salah satu belakang bale ternyata terdapat tempat wisata yang bisa kita kunjungi yaitu Gladak Bale Keling. Sebenarnya tempat ini adalah tempat para nelayan setempat untuk naik turunin hasil tangakapan ikan dan menyandarkan perahu mereka yang digunakan untuk melaut. Tapi saat ini tempat tersebut jadi spot selfie dan berwisata  bagi para wisatawan setempat. Apalagi kalo sore hari dan langitnya cerah, duh gusti cakep banget hahaha..

 

 

Parkir motor di depan Bale Keling bayar 2ribu aja trus masuk menuju loket untuk bayar tiket juga cukup bayar 2ribu. Begitu masuk suasana pantai nelayan kerasa sekali, bapak-bapak nelayan sibuk dengan segala aktifitasnya. Ada yang sibuk dorong oli dan galon untuk di bawa ke kapal besar, ada yang sibuk mancing, ada yang santai rebahan di perahu, ada yang ngosek perahunya, dan ada yang ngobrol santai di pos. Berbagai aktifitas nelayan tersebut bisa banget kita jadikan spot foto human interest. Bapak-bapak nelayan disini baik banget, kalo di sapa senyum, kalo diajak ngobrol juga nanggepin, bahkan mereka tidak keberatan untuk jadi objek foto kita.


 

Gladak ini sih katanya dibuat dari bahan kayu ulin dan dulu sempet di cat warna-warni tapi sekarang udah memudar. Jalan kayunya seperti lorong panjang dengan kanan kiri bersandar perahu nelayan yang berjejer rapi. Hasil ngobrol sama nelayan katanya setiap perahu ini ternyata punya fungsi yang berbeda-beda bahkan kalo diamati bentuknya pun berbeda. Ada perahu untuk menangkap udang, perahu untuk menangkap ikan, dan perahu untuk jualan ke kapal besar. Bahkan ada perahu yang bisa kita sewa untuk keliling laut menurut rute mereka, cukup dengan bayar 10k/orang atau kalo mau di sewa sendiri biasanya bayar 50k/perahu. 

 

Sebenarnya gladak dengan jalan kayu untuk bersandar perahu ngga cuman ini aja, tapi di kanan dan kiri juga ada cuman yang di kembangkan untuk wisata adalah gladak di belakang Bale Keling. Pemandangan di sekitar gladak ya sibuk dengan aktifitas nelayan, selain itu kita juga bisa lihat pelabuhan milik petrokimia dan kalo langit udah mulai gelap lampu-lampu dari pelabuhan bagus banget.

  


Oiya kata Pak Lurah Kroman sebelum corona menyerang wisata Gladak Bale Keling ini rame banget, bahkan sampe ada pemuda karang taruna yang bisa jadi petugas dan pemandu. Selain itu sempat juga diadakan "Festival Badokan" disini, antusiasme warga sangat tinggi untuk datang mencicipi kuliner khas Kroman. Namun sayangnya semenjak corona datang pengunjung wisata langsung menurun drastis dan berbagai festival tidak dapat dilaksanakan lagi. Pengunjung yang datang hanya beberapa orang saja waktu sore hari, itupun kalo nggak hujan.

Kalo langit sore sedang cerah cobain deh muter-muter motoran atau sepedaan di lingkungan sekitar, kali aja ketemu tempat bagus untuk dikunjungi kayak aku tadi. Selain itu kan juga bisa bantu para pelaku  pariwisata di tengah kodisi pandemi ini. Bawaannya happy trus kalo ketemu tempat bagus untuk menghabiskan sore. Tapi jangan lupa selalu gunakan masker yaaa....


You Might Also Like

2 Comments

  1. Hadir ukh, tetap semangat... Kutunggu coretan2 n poto2 selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sista, nanti aku akan tulis lagi dg semangat dan riang gembira heheh..

      Delete

Teman Jalan