DE DJAWATAN BENCULUK BANYUWANGI



Siapa sih yang nggak tau Banyuwangi? Pasti banyak yang sudah tau. Segmen #JalanAsik kali ini kita ke Banyuwangi Yuk! 

Banyuwangi terkenal mempunyai sebutan sebagai “The Sunrise Of Java” karena merupakan tempat pertama kali matahari terbit di Pulau Jawa. Kalo ngomongin soal Banyuwangi sih nggak ada habisnya, banyak banget tempat wisata yang bisa kita kunjungin, mulai dari pantai, gunung, hutan alam, serta wisata budaya. Banyak orang yang menjadikan Banyuwangi sebagai destinasi tujuan wisata saat ke Jawa Timur. 

Nah, salah satu tempat wisata yang terkenal banget di Banyuwangi adalah Djawatan Benculuk. Lokasinya berada di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Sekitar 50 km dari pusat Kota Banyuwangi. Tempatnya mudah dijangkau sih soalnya deket sama jalan raya dan jelas ada tulisan untuk penunjuknya. Paling gampang emang pake google map aja ya haha. 


Lokasinya agak sedikit masuk melewati gang kecil sampe ketemu pos penjagaan untuk bayar tiket. Waktu itu aku berdua sama temen bayar 15k untuk tiket masuk dan 2k untuk parkir motor. Setelah bayar tiket ikutin alurnya untuk parkir kendaraan. Tempat parkirnya luas banget dan teduh jadi enak bisa leluasa. 
 

Djawatan ini berada di lahan milik Perhutani dengan luas sekitar 4,8 hektar. Begitu masuk kita bisa langsung lihat kokohnya pohon-pohon trembesi besar dan lebat yang berjajar rapi. Pohon Trembesi ini diselimuti oleh lumut tebal di setiap batangnya. Sebenarnya ini bukan lumut sih, tapi tumbuhan pakis yang menjadi benalu di pohon trembesi tersebut. Pakis itu bisa tumbuh banyak dan subur karena saking rapatnya pohon. Suasananya jadi adem dan semriwing, jam 1 siang disana pun juga nggak kerasa sih panasnya. 


Ada juga rumah pohon dari kayu yang bisa kita naikin dengan tangga menuju ke atas. Tapi aku cuman lihat dari bawah gaberani naik keatas haha. 

Djawatan ini tempatnya enak banget kalo buat foto-foto. Banyak juga yang pre-wedding kesini. Waktu itu aku dateng pas bukan weekend dan agak pagi jam 9-an, jadinya masih lumayan sepi pengunjung. Kalo agak siang dikit pengunjung udah mulai berdatangan, apalagi kalo weekend ya pasti lebih rame. Kalo mau foto bagus juga harus antri deh. Jadi tips nya kalo pengen puas foto tanpa gangguan dan menikmati kesyahduan suasananya, dateng aja pas hari kerja antara senin-jumat. Trus datengnya juga pagi-pagi aja pas pengunjung lain belom dateng. 


Djawatan buka setiap hari Senin hingga hari Minggu. Buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Jadi pinter-pinter nya kita ngatur waktu aja pas kesini kalo pengen puas foto. 


Selain foto biasanya banyak pengujung yang sekedar duduk-duduk buat menikmati suasana dan ngobrol sama temen. Disini juga ada cafe dengan tempat duduk yang tebuat dari kayu-kayu besar. Juga ada wahana ATV kalo mau naik. Ada juga delman yang dihias heboh kayak mau di arak. Cukup dengan bayar 30k bisa mengelilingi Djawatan 2x putaran. Lumayan banget biar ngga capek-capek amat. Bapak kusirnya juga ramah dan ngajak ngobrol santai.


Djawatan ini tempatnya bersih dan rapi. Selain Pohon Trembesi yang besar-besar itu, juga ada beberapa tanaman. Rumputnya juga hijau, bahkan sempet ngelihat beberapa pengunjung gelesotan duduk di atas rumput. 

Disini juga ada mushola kalo mau sholat, tempatnya bersih dan rapi. Ada kantin juga misal pengen jajan minuman dingin, pentol tusuk, pop mie, dll. Waktu itu aku jajan pentol tusuk trus jalan nyamperin temenku, niatnya mau duduk di ayunan depan kantin. Karena lagi riweh banget pegang pentol jadinya aku jatoh ngejengkang ke belakang. Entahlah malu banget. 

 

Djawatan ini rame dan terkenal banget di antara para traveller. Gak heran sih tempatnya juga bagus, bersih, enak buat foto, fasilitas lengkap, dan yang paling penting rute menuju kesana gampang. Kendaraan apapun bisa. Jadi kalo lagi Jalan Asik ke Banyuwangi, Djawatan Benculuk ini bisa jadi salah satu rekomendasi tempat tujuan wisata.


You Might Also Like

2 Comments

  1. Menarik kak artikel2nya menambah referensi.. Ditunggu selanjutnya..

    ReplyDelete

Teman Jalan