TEMAN JALANKU

Setiap perjalanan pasti membawa kisah tersendiri. Begitu juga dengan perjalanan bareng sahabat. Sampe aku nyebutnya “Teman Jalanku” yang masih eksis jalan bareng terus sampe sekarang. Aku punya sahabat sejak SMP sampe sekarang, namanya Ratna. Ini anak orangnya serba sabar, pasrah, dan konyol dalam beberapa hal. Pernah melalui berbagai macam hal bersama mulai dari marahan, diem-dieman, ketawa gajelas, curhat ngalor ngidul, pokoknya segalanya pernah dilalui selama ini. Jaman SMA kita nggak satu SMA tapi masih sering ketemu dan janjian keluar. Nah, waktu kuliah barudeh sifat-sifat kelayapan kita keluar. Aku kuliah di Jogja, dia kuliah di Surabaya. Waktu kerja juga pisah aku di Bondowoso, dia sempat di Kediri dan akhirnya pindah ke Blitar.

Sering banget kita melakukan trip berdua. Janjian. Beberapa kali dia main ke jogja, dan kita jalan-jalan sampe mabok. Sering juga aku main ke Surabaya, yaa main juga. Selain itu kita juga sering cari-cari alesan main, pokoknya main kayak gaada beban masa depan haha.

Selama perjalanan banyak banget cerita konyol dan apes yang selalu kami lalui. Sampe akhirnya aku hafal dan suka mbatin “cerita konyolnya kali ini apa ya?”

Waktu itu kita pernah main ke Mojokerto, rencananya mau ke Trowulan liat candi. Udah janjian seminggu sebelumnya. Eh sungguh ngga di sangka ada Gunung Kelud meletus, hujan kerikil, hujan pasir dan abu, sedangkan keesokannya kita udah janjian mau main. Kita tetep aja nekat keluar pake motor supra lawas pinjam om ku. Jalan-jalannya udah nih. Trus pulang maghrib sambil was-was bakal kena omel orang dirumah. ditengah jalan kita nglewatin sawah gelap-gelap, ratna yang nyetir. Tiba-tiba dia teriak-teriak panik “Ar, Ar... ini kunci motornya kemana? Ar.....” dia sambil nujuk-nunjuk tempat kunci. Astaga kuncinya jatuh hilang padahal motor masih melaju. Akhirnya kita puter balik dan menyusur sepanjang jalan dan atas bantuan kerang ajaib kucinya ketemu di atas aspal. Bego banget astaga. Gak nyangka kalo kunci bisa lepas sendiri. Dan sekarang kami tau kenapa bapak-bapak jaman dulu masang tali di kunci motor dan di cantelin di spion. OHHH..

Dalam perjalanan pulang yang sama pas udah nyampe pare, tiba-tiba ada orang nunjuk-nunjuk bagian belakang motor kami. Awalnya cuek karena aku kira ya orang iseng aja. Trus orangnya nunjuk terus sampe menarik perhatian. Akhirnya berenti aja deh liat apa yang terjadi. Dan ternyata....... plat motor bagian belakang skrup nya copot satu hahahahah. Kita langsung panik, kok untungya ada rafia di trotoar. Langsung tali aja dan cap cus pulang.

Cerita konyol berikutnya. Ratna main ke jogja dan aku jemput malam-malam di Stasiun Lempuyangan. Trus lanjut makan malam di Raminten Kotabaru. Ngobrol panjang lebar. Pulang dari makan mampir ke indomaret beli tiket balik ke Surabaya nanti. Klak klik klak klik di  layar tiket mandiri. Mantap beli tiket eksekutif karena yang ekonomi habis semua. Okedeh pulang ke kos, bebersih, trus lanjut ngobrol sampe ketiduran. Keesokann pagi nya bangun jam 7. Dia hoyak-hoyak badankuu dan mukanya kaget plus masam “Ar... tiket kereta balikku salah, keretanya udah berangkat Ar..”. Aku langsug kaget juga dong, jadi kita salah pilih hari, harusnya pilih beli senin dini hari, eh malah pilih minggu dini hari. Rugi deh tiket 250k, tapi habis iu akhirnya dapet tiket ekonomi 70k haha. Emang bego nya berdua ga ketulungan.

Waktu aku kerja di Bondowoso, dia main karena lagi ada libur kerja. Liburan natal. Kita putuskan untuk main ke Kawah Ijen. Nekat. Karena aku sendiri baru dengan Bondowoso dan nekat main ke gunung. Singkat cerita kami dapet penginapan di daerah Licin. Bapak yang punya penginapan baik banget. Sebelum naik kami dipinjami senter dan sewa masker. Malam-malam kita naik motor ke jalur pendakian. Rasanya aku udah mantap narok kresekan masker dan senter di tengah, tapi pas ditengah jalan kreseknya hilang dimakan wewe gombel kali ya. Mulai panik dan minta maaf ke bapaknya akhirnya kami ganti rugi 150k. Sungguh ke begoan yang luar biasa. Pulang-pulang ke kos kami hanya bisa tiduran 2 hari karena kaki encok gabisa gerak habis manjat gunung hahahaha. Paling parah aku, karena aku menolak make koyok yang panas kayak disembur naga.

Nah, akhir bulan November 2019 kemarin aku nengokin dia ke Blitar. Sekalian jalan-jalan rencananya. Kita bareng temen dan adeknya juga merencanakan main ke hutan pinus. Muter-muter sampe menemukan jalan yang memacu adrenalin. Akhirnya balik haluan dan ke Kebun teh aja. Tiba-tiba kita berempat pisah entah karena apa, aku dan ratna ngikuti gugle map ternyata gugle bisa goblok juga. Sampe kita lewat jalan tanah membelah gunung tandus. Mau nangis rasanya tapi seru. Ada beberapa jalan yang basah kena hujan. Was-was eh ternyata kami numplek pas nglewatin tanah basah itu. Hal pertama yang dilakukan adalah ketawa kepingkal-pingkal, baru sadar trus baru berdiri. Lanjut naik motor lagi tanpa terjadi apa-apa.

Sebenernya masih banyak cerita konyolku sama Ratna ini, tapi yang diatas itu yang paling aku inget. Kita jaga kegoblogan kita selamanya yaa hahahha.... Kebetulan hari ini ulang tahunnya dan tulisan ini aku dedikasiin buat dia. Selamat ulang tahun dan panjang umur. Sehat-sehat yaa. See you soon. Love you!