CANTIKNYA LABIRIN BUAH NAGA DI BANYUWANGI


Pict By Jingga Kelana
Buah Nagaaaaa...... Pasti temen-temen nggak asing deh sama buah satu ini. Rasanya di setiap tukang buah, pasar, dan supermarket pasti ada. Ada buah naga merah dan putih. Tapi kebanyakan yang dijual sih buah naga merah. 

Buah naga ini enak di makan biasa, di bikin es buah, salad buah, dan di jus. Tapi yang kita tau kan cuman beli trus makan aja. Pernah kebayang ngga sih pertanian buah naga itu kayak gimana? 

Aku sebelumnya juga belum pernah lihat sih, tau nya beli dan makan doang. Apalagi waktu aku tinggal di Bondowoso dulu. Sekitar bulan November-Desember pasti di pinggir jalan setiap hari selalu ada pick up yang jualan buah naga. Harganya luar biasa pemirsaaaaa, dengan harga 10k kita bisa dapet buah naga sebanyak 3kg-4kg. Kalo lagi gila banget pernah juga dapet 5 kilo. Buah naga nya manis, segar, dan bagus-bagus. Tapi kalo di Kediri buah naga harganya tetep 8k-10k per kilo. 

Buah Naga di Bondowoso
Makanya ngga heran juga sih setiap lagi musimnya buah naga, kadang petani sampe buang-buang buah naga ke sungai (pernah baca beritanya). Karena buah naga nya ngga laku. Laku pun harganya ada yang 500-1000 rupiah aja per kilonya. 

Beberapa waktu yang lalu aku dan temenku main ke Banyuwangi berdua dan nginep di rumahnya mas Bayu di daerah Jajag, Banyuwangi. Dari Stasiun di jemput dan di sepanjang perjalanan jadinya ngobrol dikit-dikit. Di tengah perjalanan pas udah masuk kampung gitu, aku lihat ada lahan terbentang dan ada lampu putih berjajar di pasang. Kayak apa ya? Errrrr, kayak labirin gitu. Cantik banget. Bikin penasaran. Akhirnya tanya, dan ternyata itu kebun buah naga yang sedang dikasih lampu.

Kebun Buah Naga di Sepanjang Jalan Desa


 Kebun Buah Naga di Dekat Rumah Mas Bayu

Ehm, masih penasaran lagi sih. Kenapa buah naga di kasih lampu malam-malam? Buat wisata kah? Atau cafe? Ternyata enggak, buah naga nya di kasih lampu untuk merangsang pertumbuhan bunganya. Jadi ngga selalu buah naga ini dikasih lampu, dikasihnya kalo pas ngga lagi musim buah aja. Biar petani panen terus walau nggak musim sekalipun. Lagian kalo ngga musim harga buah naga katanya lumayan mahal. Jadi lumayan lah.

Pohon Buah Naga sedang di Lampuin  
Pict By Jingga Kelana

Tapi resikonya sih harus ngeluarin biaya listrik yang besar, minimal pasang daya 1300 watt. Bapaknya mas bayu ini juga petani buah naga lho. Jadinya nggak tau kenapa rasanya berbunga-bunga banget pengen cepet lihat buah naganya. 

 
Buah Naga Sedang Berbuah
Pict By Jingga Kelana 

Tapi bapaknya cerita kalo buah naga dirumahnya udah mati dan males bertani buah naga lagi. Disamping karena harganya sering anjlok waktu panen, waktu lagi nggak musim harus ngasih lampu dan biaya listrik nya gede. Malah rugi kalo di lampu terus. Ga sebanding sama hasil panen nya. ini pemikiran setiap petani buah naga beda-beda yaaaaa...

Tapi di samping-samping rumahnya sih masih banyak tetangga nya yang punya banyak lahan pertanian buah naga dan kalo malem dikasih lampu. Jadinya cantik banget. Malem-malem duduk di teras sambil lihat deretan lampu kayak labirin begini.


Labirin Pohon Buah Naga
Pict By Jingga Kelana
  
Waktu kami lagi disana, buah naga nya masih berbunga dan belum jadi buah. Belum ada yang mateng, jadinya ngga bisa beli buat di bawa oleh-oleh. Tapi Pas hari terakhir kami disana, kami diajak ke kebun jambu kristalnya si bapak. Iyaaa, jadi walopun bapak udah ngga nanam buah naga lagi tapi sekarang bertani jambu. Kebun jambunya luas banget. Di petak pake tanaman hidup. Waktu itu kami panen buat dibawa oleh-oleh pulang. Satu pohon aja bisa ngehasilin puluhan kilo jambu. Waktu metik dari satu pohon aja bisa dapet 2 kardus penuh. Seneng banget atau kemaruk yaaa.. hahaha.. 
Pohon Jambu Kristal

Kami juga sedikit diajarin trik nya membungkus baby jambu dengan plastik biar gede dengan manis dan besar-besar. Nggak semua buah jambu kecil harus besar, kalo dalam satu tangkai ada lebih dari dua jambu, maka harus disisakan dua saja dan yang satu di potek. Setelah itu jambu dibungkus dengan kertas putih bekas dan plastik. Ujung dahan jambu juga harus rajin di potekin biar cepet bersemi dan berbuah. Oh.. ini diluar topik buah naga ya tapi jadi pengetahuan baru lagi ya hehe...

Hasil Panen Jambu Kristal
Kalo temen-temen lagi main ke Banyuwangi, coba deh cari penginepan di daerah pinggiran kota kayak daerah Jajag. Waktu malem bisa keluar-keluar pasti ngelihat deretan lampu labirin buah naga. Sambil mikir ya pastinya “siapa sih yang awalnya yang punya ide nge lampu in si buah naga ini?” hahaha... 





You Might Also Like

3 Comments

  1. Apa kalau di Inggris namanya jadi dragon fruit??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu kak, bener haha.. pasti kakaknya orang inggris deh..

      Delete
  2. Aku baru tau klo malem lampunya nyala baguus yaaa 🤩 pas kesana kmren liatnya pas siang2 aku cuma mbatin kok ditata rapi gituu 🤔

    ReplyDelete

Teman Jalan