TREKKING KE HUTAN PINUS

 

Suasana hutan pinus

Semua berawal dari kemalasan, kenapa kok perut semakin membuncit karena lemak? dan rasanya kok sering ngantuk? apa semua ini karena kurang olahraga? Ya jelas karena kurang bergerak. Trus mikir-mikir mau olahraga apa ya enaknya yang sesuai sama diri sendiri yang ngga konsisten ini. Aku kuat jalan jauh asalkan ngga disuruh lari haha. Makanya diputuskan untuk trekking saja.

Beberapa opsi trekking sedang dibuat, mau jalan kaki lewat perkampungan? atau mau ke sawah2? atau kita cari tempat trekking ke hutan? tapi ke hutan siapa? wkwkwk..

Waktu itu lagi weekend dan mendung, kemudian iseng aja naik motor ke arah kandangan sampe perbatasan Malang. Masuk2 ke dalam desa, eh makin masuk makin kepo pengen tau. Awalnya mau nyari2 tempat adem, eh ga sengaja nemu hutan pinus dan tempatnya asik banget buat trekking. Oke, tempat ini dimasukkan list .

Seminggu kemudian kami datangi lagi tempatnya. Waktu itu kami ngajak krucil2 2 biji. Sebelum berangkat siapin bekal buah, snack, minuman, dan beli pentol. Nggak lupa juga kami bawa mantel karena lagi musim hujan. Tapi pagi itu wasyukurilah sih cerah, damai, dan sentosa. Oke baiklah langsung cus aja, sekitar 30 menit aja dari Pare.

Tempatnya ini udah masuk Malang, di daerah Kasembon. Deket banget sama Rafting Kasembon. Bingung mau jelasin lokasi tepatnya soalnya masuk-masuk.

Ini bukan sepenuhnya hutan gitu sih. Banyak warga setempat yang lewat untuk ke ladang jadi ga khawatir bakal ilang. Pohon pinusnya juga juga disadap untuk diambil getahnya.

 
Bapak-bapak lagi nyadap getah pinus
 
Rumput gajah yang ditanam masyarakat
 

Begitu nyempek langsung nyari tempat nyempil dan datar untuk parkir motor. Eh, ditempat markir motor ketemu sama bunga bangkai? iya bentuknya kayak bunga bangkai yang di buku-buku itu.

Bungai bangkai masih kuncup dan sudah mekar

 Karena disitu banyak peladang lewat naik motor, makanya jalannya juga udah enak dan udah di semen. Jadi waktu itu kami ikutin aja jalan semen, sesekali belok ke kanan dan kiri masuk cari tempat tanjakan.Kami juga nemu pohon duren, tapi masih mentah.

Foto sama duren 

Nggak lupa juga bawa kresek buat cari buah pinus yang jatuh di bawah-bawah. Karena waktu itu malemya habis hujan jadinya buah pinusnya banyak yang basah. Tapi tetep seneng aja mungutinnya.


 

 Pinus sudah masuk kresek

Jalan terus terus dan teruuuuuus beberapa kali belok, trus nemu sungai kecil. Sungai nya ngalir karena habis hujan. Dan kami memutuskan untuk istirahat di pinggir sungai.

Sungai kecil di dalam hutan

Udah capek nih main airnya, kemudian kami lanjutkan jalannya. Tetep dengan metode belok kanan-kiri kalo ada sesuatu yang menarik. 

Foto sama pohon tumbang 
 

 

Salah satu jalur trekking

Karena jalan kali ini sama krucil jadinya belom apa-apa udah mereka minta pulang. Mungkin lain kali bisa dicoba lagi jalur trekkingnya tanpa ngajak anak sodara haha. Jadi ada banyak hal yang bisa kita lakukan kalo weekend, ngga cuman masak, umbah2, dan korah2. Coba sesekali eksplor lingkungan di sekeliling, kali aja nemu hidden gem kayak gini. Lumayan untuk refreh otak, jiwa, dan kesehatan. Semoga kita sehat selalu ya :)

Waktu mau pulang mereka jalannya cepet banget


 Selfie dulu sebelum pulang



 

 

 

You Might Also Like

0 Comments

Teman Jalan