DESA SERIBU BUNGA SIDOMULYO KOTA BATU


Selain terkenal dengan wisatanya, Kota Batu juga terkenal sebagai sentra budidaya tanaman hias di Jawa Timur. Biasanya kalo ke Kota Batu nggak lupa deh belanja aneka tanaman hias sebagai oleh-oleh. Mulai dari tanaman buah-buahan, tanaman hias, aneka kaktus, dan aneka tanaman taman. Pokoknya mata langsung ijo-ijo kalo ke Batu. 

 

 
Berkembangnya budidaya tanaman hias ini karena didukung oleh kondisi alam Kota Batu yang berada di pegunungan yang terletak pada ketinggian lebih dari 1000 mdpl menjadikan daerah ini memiliki hawa dingin dengan suhu rata-rata 18 hingga 23 derajat. Bukan hanya tanaman hias tapi juga banyak petani sayuran disini. Kalo mau lihat hamparan pertanian sayuran kalian harus naik keatas lagi ke daerah Brakseng namanya.
 

Di Kota Batu sendiri terdapat sebuah desa wisata yang terkenal sebagai desa penghasil bunga yaitu Desa Sidomulyo. Jangan tanya aku tempatnya sebelah mana ya, soalnya ada google map yang lebih pintar menunjukkan arah daripada aku yang pelupa ini. Pokoknya letaknya ke arah wisata selecta nanti akan nemu gapura dengan tulisan "Masuk Kawasan Wisata Bunga Sidomulyo". Di sepanjang jalan besar di sebelah kanan dan kiri juga banyak kios-kios bunga tanaman hias berjajar rapi. Tapi kalo mau lihat yang lebih banyak bisa masuk ke gang nya atau ke pasar bunganya "Pasar Bunga Sekarmulyo" namanya. 


Hampir semua rumah di sepanjang jalan di desa ini berjualan bunga. Bunganya juga macem-macem tinggal pilih sesuai selera. Ada berbagai macam jenis kaktus dari harga 4 ribuan sampe harga ratusan ribu, ada sekelompok bunga krisan berwarna-warni menyegarkan mata. Ada deretan anggrek bermekaran, bahkan juga banyak tanaman yang sedang hitz itu.



Menyusuri Desa Sidomulyo ini menyenangkan sekali. Semakin keatas nanti akan menemukan lahan-lahan bunga milik petani untuk dijadikan bunga potong. Masuk ke desa ini juga nggak bayar, bayar sih kalo mau beli bunga aja. Kalo sekedar liat ya gratis, tapikan siapa yang enggak kepincut untuk beli kalo tampilannya seger-seger gini?




 
Waktu itu sempet belok lama dan mampir ke salah satu toko bunga namanya "Mitra Flora Nusantara". Soalnya ini salah satu toko bunga yang mencolok mataku, tokonya besar, tanamannya lengkap, juga tersedia aneka pot lucu-lucu. Mungkin satu jam lebih di dalem toko ini muter-muter kayak gasing milih kaktus dan lihat-lihat. Ujungnya cuman beli kaktus 3 biji itupun yang murah. Soalnya jadi inget tiap beli taneman akhirnya metong. Sayang aja kalo beli yang mahal, mending uangnya buat makan ramen. Yhaaa kaaann?







Tapi ngomong-ngomong aku melihara tanaman sering mati itu karena aku kalo di kos suka bepergian, nggak inget kalo melihara makhluk tuhan bernama tanaman. Tau-tau ah kadang udah garing aja. Hmm..

Kalo lagi main ke Batu coba deh mampir ke Desa Bunga Sidomulyo. Masuknya juga gratis, bisa foto-foto ootd, syukur-syukur kalo punya uang ya beli dong. Masak numpang foto doang kan malu HAHAHA....





You Might Also Like

0 Comments

Teman Jalan