MENIKMATI ANEKA NDOG (TELUR) IKAN DI PASAR GRESIK


Gresik nih ya nggak ada matinya soal kuliner unik. Sesi #MakanEnak kali ini aku akan ajak kalian mencoba salah satu kuliner enak yang ada di Pasar Gresik. Namanya aneka Ndog (telur) ikan. Biasanya keberadaan kuliner ini dijual sama beberapa ibuk-ibuk pedagang di area Kelurahan Lumpur Gresik. Tapi yang jualannya paling lengkap dan menggoda banget tampilannya itu ada di dalam Pasar Gresik.
 
Cukup mudah mencarinya, kalian bisa masuk lewat gerbang depan pasar kemudian masuk kedalam dan belok ke gang sebelah kanan. Di sepanjang lorong gang tersebut nanti akan kalian temuin ada 2 pedagang yang menjajakan kuliner ini. Tinggal pilih aja karena rasanya relatif sama.
 
Ndog ikan ini diletakkan berjajar di dalam baskom dengan isian ndog ikan yang menggunung. Tumpukannya terlihat seperti gunung merapi dan ndog nya sangat menul-menul banget hehe. Ndog ikan yang dijual beraneka macam mulai dari Ndog Ikan Bader, Ndog  Ikan Dukang, Ndog Ikan Tengiri, Ndog Lontong, Pepes Ikan Bader, ada juga usus di bumbu, dan potongan gurita. Nah tapi dari beberapa foto yang aku tampilin ini aku lupa mana yang Ndog Bader, mana yang Ndog Dukang, dll. Maklum ya bentuknya terlihat sangat mirip.
 
 

Harga aneka "Caviar" khas Gresik ini bervariasi tapi rata-rata setiap ons nya di jual seharga 12k-15k. Kalo Pepes Bader nya perbungkus 4k tapi kalo beli 3 bungkus harganya 10k. Karena jenis ndog ikannya banyak jadi agak bingung mau pilih yang mana? yang mana yang enak?
 
Owh kalian jangan khawatir ya, yang jual ini baik banget. Jadi sewaktu aku beli itu boleh nyobain dan dikasih tester sedikit-sedikit. Setelah menemukan yang mana yang enak dan cocok di lidah tinggal minta ditimbangin berapa ons. 

 







 
 
 

Kalo rasanya sih gurih seperti rasa daging ikan biasanya sih tapi menurutku lebih amis sedikit. Tekstur juga lembut, empuk, dan agak berminyak karena bumbunya buanyak. Tapi kalo yang di pepes tekturnya lebih kering. Juga ada Ndog Lontong yang warnanya oranye di dalam plastik lonjong seperti lontong. Biasanya dia dimasaknya di potong-potong dan digoreng bersama kocokan telur. Kalo males goreng sendiri juga dijual yang udah digoreng kok.
 
 

 

 
                      
Keberadaan kuliner ndog ikan ini juga dipengaruhi kondisi letak geografis Kota Gresik yang berada di daerah pesisir dan kaya akan hasil laut. Kalo temen-temen penasaran sama rasanya cobain deh. Dijamin nggak akan nyesel.







You Might Also Like

0 Comments

Teman Jalan