AYO KE LASEM PART 1


Malem itu lagi rebahan santai diatas kasur sambil main hape, tiba-tiba ada whatsapp masuk "Ly mau ikutan main ke Lasem ngga?" Yaudah tanpa mikir langsung jawab "iya"

Sebenernya udah pengen main ke Lasem sejak jaman kuliah, tapi waktu itu mikirnya kok jauh banget ya dari jogja. Jadilah hanya sebuah angan-angan sampe fatma yang ngajakin kemaren ini. Persiapannya cuman seminggu, berawal dari winda dan fatma cari diskonan travel di traveloka dengan rute Jogja-Semarang-Rembang dengan biaya 100k/orang. Aku naik bus Surabaya-Rembang sama juga 100k/orang. Tiap malem juga mulai rajin cek hotel di traveloka, sampe akhirnya dapet diskonan hotel di traveloka yang awalnya 320k/malam + sarapan jadi 213k/malam udah sama sarapan juga. Oke, kita booking untuk 2 hari.  

Hotel yang kami pilih adalah Fave Hotel di Rembang kota, di tepi jalan pantura deh persis. Bahkan di depan pas alun-alun kota rembang. Awalnya berencana pengen nginep di lasem aja, di rumah tua yang disewakan jadi homestay. Ada dua rumah yang dijadikan kandidat, yaitu rumah Merah Heritage dan rumah Oei. Mulai deh cek harga dan kondisinya. Kesan pertama "omg, seru banget ya kalo nginep disini, eh tapikok kayak kuil jangan-jangan nanti ada vampirnya gimana dong, mana kamar mandinya diluar kwkwk". Yaudah, cari hotel lain dan cocok sama Fave Hotel. Pemandangan fave hotel bagus, langsung ngadep laut dan kamarku kalo pagi kebagian dapet sunrise yang cantik. Terimakasih ya allah.

Pemandangan Sunrise jam 5 pagi

 Urusan hotel beres tinggal urusan sewa motor yang never ending.

Waktu itu sewa motor bukan jadi hal yang dikhawatirkan, karena mikirnya aduuuuh di kota mana sih yang ngga ada persewaan? jadi kita santai aja. Berawal dari menghubungi sewa motor pertama, katanya ngga ada motor. sewa motor ketiga, keempat, kelima, keenam, sampe gatau udah keberapa bilangnya ngga ada. Tidak menyerah dong, aku  coba dm semua akun hitz-kekinian-wisata di Rembang dan Lasem, yang jawab cuman 2 sisanya ngga ada yang baca dm ku. Pertama jawabnya "ngga ada kak", yang kedua mau bantu dengan ngasih kontak seseorang yang nyewain motor. Aku hubungin kontaknya katanya ngga nyewain motor juga. Sampe akhirnya winda dapet pinjeman motor dari kenalan temen-temen-temennya tapi cuman satu. Yaudah pasrah aja. 

Susah banget cari persewaan motor di Rembang, bahkan bisa di bilang ngga ada sama sekali. Bisa jadi pertimbangan kalo temen-temen mau main kesana dan ngga bawa kendaraan pribadi. Nah, opsi yang bisa di ambil adalah kalo tujuannya emang mau main ke Lasem cari penginapan di Lasem aja. Beberapa homestay di Lasem ngasih fasilitas persewaan motor untuk tamu yang menginap. Kalo bukan tamu ya nggak dikasih. Kalo ngga gitu coba ikutan tour wisata, udah include segalanya disitu. Kekuranganya emang kita harus ikut jadwal mereka.

Sebelum berangkat aku juga sempetin cari bahan bacaan tentang Lasem dan nge-list objek mana saja yang bisa dikujungi. Jadi pas dateng kesana ga linglung, udah ada list dan sedikit tau tentang sejarah dan tata letak kotanya. Sisanya kita gunakan jiwa arkeolog kita. 

Persiapan udah beres tinggal nunggu hari berangkat aja sambil deg-deg-an gimana nasib kalo gaada motor hahaha..

Lama perjalanan Surabaya-Rembang waktu itu 5,5jam, sedangkan Jogja-Rembang 6 jam. Waktu itu aku berangkat nyantai banget karena suami saya yang maha mulia bilang kalo Surabaya-Rembang hanya 3 jam. Antara percaya dan ngga percaya, tapi omongannya amat meyakinkan pemirsa jadi saya percaya dengan mudahnya. Berangkat jam 11 siang berharap kalo jam 2 siang udah sampe. Astaga ternyata nyampenya jam 4.30 sore. Untungnya bus nya sepi jadi ga panik dempetan sama orang asing.

Busnya sepi
 

Nyampe hotel langsung teler tapi laper jadi cari makan disekitar alun2 aja. Maunya sih kulineran tapi gaada motor yatuhan astaga. Di alun2 waktu itu makan seafood, yaampun seafood paling ngga enak yg pernah aku makan. Kalian hati2 kalo makam seafood di alun2 rembang, ratingnya 0 haha.

Keesokan harinya langsung cus Lasem deh, naik apa? Naik Bus. Cukup bayar 15k untuk 2 orang. Busnya juga datengnya lumayan cepet. Baiklah, Lasem here we goooooo...

   
Nunggu Bus
 
Bus-nya bikin mobat-mabit
 
 
                                                           


You Might Also Like

10 Comments

  1. Hahaha... Pengen ksna bertiga sama dirimu dan mega...Tapi kog dirimu sudah kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah.. tinggal diubah aja mau kemana gitu

      Delete
  2. Wah, asyik tu. Sekalian review kulinernya dong kaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren ngga terlalu kesampean buat kulineran, jadinya beberapa yg kami makan sudah tak masukan dalam part 1 dan part 2 hihi

      Delete
  3. G sabar baca tentang objek2 di lasem apa aja nih kak 😀

    ReplyDelete
  4. Wuiiih... Lasem.. Dulu 2014 saya juga pernah ke lasem buat nyari kelenteng legendaris yang ada ornamen "yuyu" karena pernah diceritain dosen. Akhirnya nemu, abis itu pulang lagi... Padahal perjalanannya lumayan lama yogya-lasem, ke kelentengnya gak sampe 1 jam udah selese wkwkwk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selo banget ya anda, pasti waktu itu nganggur wkwkwkw..

      Btw, ornamen yuyu nya di klenteng mana ya ka? Aku kemaren saolnya ga sempet masuk2

      Delete
    2. Iya, itu pas nganggur dan sebelum corona melanda jadinya bebas pergi2 dalam waktu singkat, kalo sekarang abis pergi harus isolasi ya kak wkwkwk

      Delete
  5. Gak tau kak, kelenteng yang mana udah lupa wwkwk pokoknya deket pantai kayaknya

    ReplyDelete

Teman Jalan