RUJAK BLONYO SIDAYU: KULINER KHAS PESISIR GRESIK YANG SEMAKIN LANGKA

Kalau di Jogja ada Rujak Eskrim, di Gresik juga ada namanya Rujak Blonyo. 

Sesi #MakanEnak kali ini kita ke Sidayu yuk. Jadi beberapa waktu yang lalu aku  ke Sidayu trus ada yang merekomendasikan untuk mencoba salah satu panganan khas di daerah tersebut yaitu Rujak Blonyo. Rujak Blonyo ini adalah salah satu kuliner khas pesisir daerah Gresik yang sudah sangat jarang ditemui. Ini karena bahan utamanya yaitu blonyo yang sudah susah untuk di dapat. Blonyo merupakan nama lokal untuk penyebutan teripang. Jadi kalo dibayangkan agak aneh ya? Rujak tapi dimakan pake blonyo/teripang?

 

Lokasi pedagang Rujak Blonyo ini di gang masuk yang sempit di Desa Mojoasem, Kecamatan Sidayu, Gresik. Ternyata cukup terkenal dan rame soalnya pas dateng banyak yang antri beli. Jadi Rujak Blonyo ini bisa pakai Rujak Lontong atau Rujak buah, tinggal pilih aja sesuai keinginan dan dicampur Blonyo. Waktu itu kami pesan Rujak Buah dengan campuran blonyo. Isinya sama seperti rujak buah pada umumnya, terdiri dari irisan nanas, mangga, timun, dan bengkoang. Kemudian diberi bumbu rujak yang terbuat dari petis ikan dengan cita rasa yang asin dan sedikit amis. Yang unik yaitu penambahan Blonyo/teripang pada rujaknya.

Ibuknya lagi ngulek bumbu

Buah Untuk Rujak Blonyo
 
Potongan Blonyo Untuk Rujak
 
Rujak Blonyo
 
Rujak Blonyo dengan Bumbu
 

Rujak Blonyo ini semacam modifikasi olahan makanan daerah pesisir, mungkin karena blonyo banyak jadi iseng aja dicampur ke rujak. Trus ternyata percampuran tersebut enak menurut mereka jadi ya dilanjut saja. Mungkin lho ya haha.. Oiya tolong, Chef Juna harus tau makanan ini kwkwk..

Waktu nugguin pesenan Rujak Blonyo, aku juga sempet lihat dan jalan-jalan ke sebelah ternyata terdapat tempat pengolahan si blonyo ini. Jadi blonyo mentah di rebus kemudian di potong menjadi dadu kecil dan dicuci bersih. Hasil rebusan dan potongan Blonyo ini yang dijadikan campuran rujak dan urap. 

Blonyo Sebelum di Rebus
 
 
Blonyo di Rebus
 
Blonyo Sedang di Potong Dadu
 

 
Potongan Blonyo

Penasaran nggak kalian rasanya? jujur sih aku nggak makan soalnya udah ga selera duluan lihat bentuk blonyonya. Kalo kata temen penduduk lokal situ rasanya enak, asin dari bumbu petis ikan, seger dari buah, dan kenyal-kenyal dari blonyo. Sebuah perpaduan yang luar biasa dan enak katanya. Bahkan kalo beli Rujak Blonyo ini dia harus pesen doble blonyo. hueeeee, aku mau nangis dengerinnya.  
 

Selain itu Blonyo juga di jemur kering untuk dijadikan kerupuk blonyo. Dan blonyo juga dibuat makanan urap-urap. Jadi urap-urap sayur yang biasa kita kenal, disini diganti dengan blonyo sebagai bahan utamanya. Katanya biasanya ada yang jual di daerah Desa Sembayat Manyar tapi udah jarang karena masyarakat biasanya bikin sendiri di rumah masing-masing.


Blonyo dijemur untuk krupuk

Rujak Blonyo ini sudah sangat jarang ditemui tapi di Sidayu ini masih eksis jualan sampe sekarang. Kalau temen-temen main ke Gresik dan ada kesempatan pergi ke Sidayu gaada salahnya di coba. Mungkin sesuai dengan lidah kalian haha.. Sampai juga lagi di cerita makanan unik Gresik lainnya, See You :)


 


You Might Also Like

2 Comments

  1. Blonyo sekilas mirip anaknya cumi-cumi. Oiya kak nanti tak sampaikan ke chef Juna ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayak baby cumi yak..

      Makasih ya kak untuk salamnya, pasti kaka ini wajan di rumahnya chef juna ya?

      Delete

Teman Jalan