SEGO/LONTONG ROOMO


Gresik adalah salah satu daerah yang memiliki beragam jenis kuliner yang menarik, namun memang jarang terekspos aja. Keaneragaman kulier di Gresik juga dipengaruhi oleh percampuran dari berbagai budaya di dalamnya. Percampuran budaya tersebut dibawa oleh orang madura, Chinese, Arab, dan Jawa. Letak geografis dekat dengan pantai juga berpengaruh pada ragam olahan kuliner yang mereka hasilkan. Nah di segmen #MakanEnak kali ini aku mau cerita salah satu kuliner yang terkenal di Gresik yaitu Sego/Lontong Roomo. 

Sego/Lontong Roomo adalah salah kuliner Gresik yang berasal dari Desa Roomo, Kecamatan Manyar. Jadi sudah tau kan kenapa dinamakan Roomo? ya karena asalnya dari desa sana. 

Menurut berbagai sumber konon katanya ada seorang wanita yang ingin memperbaiki taraf ekonomi keluarganya, tapi dia nggak tau apa yang mau dijual. Kemudian dia berkonsultasi dengan para kyai maka perempuan tersebut diberi saran untuk menjual desanya. Nah, desa yang dimaksud ini ditafsirkan sebagai nama dari makanan yang  hendak dijual. Karena dia tinggal di Desa Roomo, maka dia memberi nama makanan tersebut sebagai Sego Roomo.

 

Penyajian Sego/Lontong Roomo biasanya dipincuk dengan menggunakan kertas dan daun pisang kemudian kita ditanya mau milih pakai Sego (Nasi) atau pakai lontong. Di atas sego atau lontong tadi kemudian diberi taburan sayur kuncuk (sayur dari pucuk daun singkong yang kering), diberi siraman saus kuning mirip dengan bubur, ditaburi koya, dan diberi pelengkap berupa kremesan krupuk blek. Bubur kuning tersebut dimasak dari bumbu-bumbu berupa bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, lombok merah, kencur, tepung, dan santan.

Sayur Daun Kuncuk

Saus Kuning 

Saus Kuning Mulai Berkurang

Sego Roomo Sedang Disiapkan

Sego Roomo Sudah Siap!!!

Sego Roomo merupakan makanan yang populer sebagai menu untuk sarapan pagi. Salah satu pedagang Sego Roomo yang terkenal yaitu berada di Kalitutup, Jl. KH. Hasyim Asy'ari. Jualannya di depan trotoar pinggir jalan, deket pasar gitu, dan jualannya lesehan. Buka pagi tapi gatau jam berapa pokoknya aku kesana jam 8 an dia masih ada. 
 
 
 
Sego Roomo di Kalitutup ini yang jualan 2 orang ibu-ibu duduk ngedeprok gitu ngelayani pembelinya. Ternyata minat masyarakat Gresik sarapan menu ini sangat tinggi ya. Selain menyajikan Sego Roomo juga terdapat pelengkap makanan lainnya seperti peyek udang, martabak mie, lintingan macem pepes yang isinya Ndog Bader, Ndog Lontong yang masih utuh dan yang sudah digoreng. Jadi tinggal milih aja pengen lauk pendamping apa.

 

Martabak Mie (salah satu jajanan terkenal di Gresik)

Ndog Bader

Ndog Lontong

Untuk harganya cukup bayar dengan harga 10k sudah dapat satu pincuk Sego Roomo. Kalo mau nambah lauk kayak martabak mie, gorengan, dll itu harganya juga cukup terjangkau kok. Oiya dulu pas ke Padusan di Makam Tlogopojok juga ada orang yang jualan Sego Roomo di dekat pintu gerbang masuk makam. Rasanya nyari Sego Roomo ini susah-susah gampang yaa..

Gimana rasanya pertama kali nyobain? kalo aku sih nggak terlalu suka ya soalnya eneg gitu rasanya tapi kalo yang suka ya lahap aja makannya, katanya enak dan gurih. Cocok sekali buat sarapan pagi-pagi. Rasanya unik, jadi temen-temen kalo main ke Gresik coba aja nikmati kuliner ini.

 


You Might Also Like

3 Comments

Teman Jalan