BERBURU TAKJIL DI JALAN SUNAN GIRI GRESIK

Time flies so fast!! Begitulah rasanya menjalani hidup sekarang ini. Menjalani aktifitas rutin sehari-hari eh tau-tau udah ganti tahun, tau-tau udah puasa lagi aja ya. Banyak momen-momen puasa yang pasti selalu ditunggu-tunggu, saat saur, saat taraweh berjamaah, buka bersama keluarga dan teman-teman, dan berburu takjil. Kalo beli jajanan sebelum buka puasa itu rasanya hawa nafsu kayak nggak terkontrol ya haha.. semua rasanya pengen dibeli padahal nanti pas buka minum sirup sama sepotong kue juga kenyang.

Saat hari puasa tiba biasanya banyak pedagang takjil dadakan dimana-mana, entah di pasar, di sepanjang jalan, bahkan di depan rumah. Kalo temen-temen pada suka berburu takjil dimana nih?

Salah satu tempat berburu takjil yang rame di Gresik yaitu di sepanjang Jalan Sunan Giri. Iyaaa, jalanan menuju Makam Sunan Giri kalo sore hari pas bulan ramadhan itu rame pedagang takjil di kanan dan kiri jalan. Biasanya sampe macet padat merayap. Jadi kalo kesana jangan sampe lah bawa mobil naik motor aja, kalo bisa malah motornya di parkir terus kita jalan kaki.


  
Segala jenis makanan bisa kita temui mulai dari makanan berat seperti aneka masakan rumahan, sate, soto, gule, nasi goreng, krengsengan, dll. Berbagai jenis minuman seperti es degan, es kopyor, manisan buah, aneka es setup, es tebu, aneka jamu, es-es kekinian pun juga banyak. 
 




Nah, beraneka macam cemilan dan jajanan tradisional pun juga nggak ketinggalan disini. Mulai dari cemilan sejuta umat yaitu aneka gorengan, jajanan pasar yang biasanya sering kita temui saat pagi, dan berbagai jajanan tradisional asli Gresik. Kalo soal kuliner dan cemilan, Gresik ini punya banyak banget pilihannya. Ada Bongko Kopyor khas Mengare, Bonggolan khas Sidayu, Kowi khas Giri, Kupat Ketek khas Giri, Arang-Arang Kambang, Putri Mandi, Jenang Jubung, Onggol-Onggol, dan masih banyak lagi. 

GethukPisang

Sekotor

Petolo

Kue Ijo

Kue Udang

Kue Talam Singkong

Kue Lumpur Lapindo

Kupat Ketek

Iris

Putri Mandi

Bongko Kopyor Khas Mengare
 
Jenang Jubung

Kowi

Onggol-Onggol

Grubi Kacang

Nogosari Pisang

Kue Gula Merah

Kue Lumpur
 
Bonggolan Khas Sidayu

Puteh Ndog

Nah semua makanan dan minuman tadi bisa dengan mudah kita temui di Jalan Sunan Giri. Tinggal pilih cap-cip-cup mau yang mana. Untuk harga masih terjangkau sih mulai dari 2k sampai 10k, asal nggak kalap aja waktu beli biar dompet tidak menjerit hehe.. Para pedagang biasanya sudah mulai menjajakan dagangannya setelah ashar hingga menjelang maghrib. Selamat mencoba!!







You Might Also Like

0 Comments

Teman Jalan